Ciri dan Cara Membedakan madu Asli atau Palsu

Posted on

Ciri dan Cara Membedakan madu Asli atau Palsu – untuk membuktikan apakah itu madu asli atau palsu tidak ada cara yang lebih akurat kecuali dengan dating sendiri ke pembudidaya lebah, atau paling tidak mengunakan test labolatorium. Namun begitu ada juga beberapa cara simple yang bisa kitalakukan untuk mengetest apakah madu itu asli atau palsu. Cara Uji / Tes berikut ini masih sangat mungkin dan bisa dibilang akurat,  namun tidak bisa juga dikatakan sepenuhnya benar.

Cara Tes Keaslian Madu Yang “Paling Akurat”

  1. Tes Keaslian Madu dengan Dipanaskan diatas Sendok

Yang pertama kita bisa mngunakan sendok dan lilin, caranya ambil satu sendok madu, gunakan sendok logam atau besi pada umumnya, lalu nyalakan lilin dan panaskan sendok dan madu dengan lilin tersebut, maka kriteria madu asli atau palsu adalah sebagai berikut.

  • Madu Asli : Jika madu yang kita tes terbukti asli maka warna madu akan berubah menjadi kemerah-merahan agak coklat, dan biasanya mengeluarkan buih. Buih ini akan meluber sampai keluar sendok, dan apabila madu anas ini kita tuang perlahan akan membentuk semacam benang halus yang lembut tidak keras.
  • Madu palsu : Kalo madu palsu tetap warnanya bisa jadi berubah, dan juga mengeluarkan buih tapi buih pada madu palsu tidak sampai sebanyak madu asli, dan juga tidak meluap keluar sendok, dan jika kita tuangkan perlahan akan membentuk semacam benang juga tapi teksturnya kaku, dan bisa dipatahkan.
  1. uji Keaslian Madu dengan Ikan

Caraa ini cukup akurat untuk membuktiakan keaslian madu, yaitu dengan cara merendam ikan segar didalam sebuah botol yang tertututp rapat dengan madu selama kurang lebih dua minggu/pekan, hasilnya sebagai berikut.

  • Madu Asli : Jika madu terbukti asli maka, ikan tersebut akan menyusut atau mengecil dan warnanya lebih pucat tapi tidak mengeluarkan bau.
  • Madu Palsu : Nah kalo ternyata madunya palsu maka ukuran ikanya masih tetap seperti semula, warnya berubah menjadi kehitam-hitaman dan aromanya bau busuk.

Cara Membuktikan Keaslian madu Yang “Tidak Akurat.!”

Beberapa cara yang sering beredar diasyarakat banyak sekali cara untuk membuktikan keasli an madu namun kurang akurat, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Uji Keaslian Madu Dengan Kertas Koran

Hal ini tentu kurang tepat ya, karena sebenarnya test ini digunakan unUji Keaslian Madu Dengan Kertas Korantuk mengetahui kadar air dalam madu, ada yang mengatakan kalo madu asli di teteskan ke Koran tidak akan merembes dan sebaliknya. Padahal madu itu tentulan memiliki kadar air yang bisa saja merembes ke kertas Koran, tergantung madu itu berasal dari mana.

Jika madu tersebut dari arab sana yang memang cuacanya panas, tentu madunya lebih kental, tapi kalo dari daerah dengan curah hujanyang tinggi seperti Indonesia, tentu kadar air dalam madu akan lebih banyak, Setuju ?.

  • Tes Ke Murnian Madu dengan Batang korek

Caranya yaitu dengan meneteskan madu atau mencelupkan madu kedalam madu, jika pentol korek di petikan ke kotak korek madu asli bisa nyala, tapi kalo pallsu tidak. Haaaa, tentu saja ini tidak 100% akurat, saya piker cara ini hamper sama dengan cara mengunakan Koran yaitu untuk mengetahui kadar air dalam madu.

  • Test Madu Asli dengan Telur atau Dimasukan Frezer

Rumor yang beredar yaitu jika madu dicampur dengan kuning telur lalu dikocok maka madunya akan mengumpal seperti setengah matang, jika palsu tidak, ini jelas suatu yang keliru. Ini sebenarnya disebut dengan proses Koagulasi, yaitu karena sifat madu adalah asam dan kuning telur adalah protein, protein kalo ketemu yang asam maka akan mengumpal, makanya telurnya terlihat seperti setengah matang.

Yakalo itu benar-benar madu asli, jika ternyata itu memang madu palsu tapi bisa mengumpal juga gimana hayo, karena faktanya para produsen yang memalsukan madu bisa saja mencampurnya dengan cairan cuka sehingga tingkat keasamanya jadi lebih tinggi, ini kan bisa juga menhadikan telur mengumpal, so pastikan beli madu yangbenar-benar asli dari pada malah sakit, nah loh.

Kemudida mengetes keaslian madu dengan dimasukan kedalam freezer, yang satu ini juga belum tentu benar sepenuhnya ya. Mungkin anda pernah membeli madu yang di claim asli murni 100% , kemudia anda memasukanya kedalam kulkas, kemudian tejadi kenanehan yaitu madunya terpisah menjadi dua bagian dengan level berbeda.

Ini bisa saja terjadi karena pemisahan antara madu asli, dan campuran madunya nah kalo begini sudah pasti palsu ya. Tapi terkadang madu asli juga bisa mengkristal tapi tidak sampai menjadi dua bagian yang terpisah, Kandungan madu asli itu terdiri dari 17-25% air dan sisanya kandungan zat lainya nah kalo madu asli ini dimasukan kedalam ruangan dingin atau freezer bisa mengakibatkan dua kemungkinan yaitu terjadinya proses Viskositas dan Grandulasi, untuk membaca artikel lebih lengkapnya silahkan baca : Cara Tes Madu Asli di dalam Fresher tidak Membeku

Ciri dan Cara Membedakan madu Asli atau Palsu Tidak Dikrumuni Semut

Ciri dan Cara Membedakan madu Asli atau Palsu Tidak Dikrumuni SemutNah ini nih rumor yang berkembang sangat pesat di masyarakat, uji keaslian madu dengan mengunakan madu yang diteteskan ke lantai, jika banyak semut yang mengerumuni maka madunya palsu, dan sebaliknya. Jelas Ini Salah Ya.! Kenapa karena madu juga memiliki kandungan glukosa yang baik untuk mengantikan energy kita secara instan.

Kandungan gula ini juga disukai semut, jadi jangan heran kalo beli madu dan kemudian banyak dikerumuni semut itu tidak berarti madunya tidak asli, bukan yaaa. Itu karena kandunganya yang juga disukai semut. Penjelasan mendetail silahkan Baca “Apakah Cara Test Madu Asli Tidak Di Krumunin Semut benar ?.

Baiklah hanya itu informasi mengenai Ciri dan Cara Membedakan madu Asli atau Palsu yang kami sampaikan semoga menjadikan kita semakin luas emahamanya, dang x salah lagi hehe. Kebetulan kami adalah produsen madu lebah Budidaya, jika anda berminat untuk membeli madu namun bingung, mungkin bisa menghubunggi kami untuk mengkonsultasikanya, di nomer berikut ini

WA : 082136483270

BBM : 5D791295

Incoming search terms:

  • cara bedakan madu 2017